Sunday 22 April 2012

Dimanakah Kebahagiaan Itu ?

Dimanakah kebahagiaan (السعادة) dapat ditemukan?





apakah kebahagiaan hakiki itu dengan bisa menikmati segala kenikmatan dan keindahan dunia, ataukah ada pemahaman lain tentang kebahagiaan ?



ada seorang yang diberikan s...egala kenikmatan di dunia, Elvis preslei, seorang pemuda yang tampan, badan sehat dan proporsional, sangat kaya raya, wanita manapun yg ia inginkan bisa ia dapatkan, ia punya istri yang cantik di zamannya.



Elvis preslei memiliki dunia dan segala kenikmatan didalamnya, apakah anda tahu bagaimana ia mati ? ia mati di wc rumahnya karena overdosis narkoba, jika kita baca biografi hidup elvis, maka kita tahu bahwa lelaki ini tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya, ia banyak galau dan sedih.



masalah Elvis preslei dan masalah kebanyakan kita semua adalah kita mencari kebahagiaan di tempat yang salah, orang-orang menganggap bahwa kebahagiaan itu dengan banyaknya harta, pemuda-pemudi mengitikadkan bahwa jika mengenal dan menikahi wanita fulanah itu maka akan menjadi orang paling bahagia, begitupun sebaliknya, setiap kita mencari kebahagiaan di luar diri kita, namun ternyata ketika telah tercapai apa yang diinginkan maka akan ada suatu perasaan kurang kemudian mencari lagi tujuan lain untuk mengisi kekurangan itu.



para pilosof, Ulama, Nabi-Nabi, dan para pemikir berkumpul dan bersepakat bahwa kebahagiaan yang hakiki adalah sebuah istilah tentang ketenangan dan kedamaian dalam diri, tumkninah (tenang), innerpiece, engkau merasakannya dalam dirimu dan memalingkan pandangan dari segala apa yang telah didapat orang di sekelilingmu.



(kuis) dari nama ini siapakah orang paling bahagia:

a. Bill Gates

b. C. Ronaldo

c. Michael Jackson



untuk membedakan apakah seseorang itu bahagia atau tidak, maka lihatlah keadaannya ketika ia ditimpa musibah, terkadang ia sedih dan sedih itu adalah suatu hal yang wajar, tetapi ia sedih paling satu atau dua hari, kemudian ia melakukan aktifitas seperti biasa lagi. adapun orang yang tidak bahagia maka ketika ia ditimpa musibah maka ia akan prustasi dan menyalurkannya ke minuman keras, narkoba dan sebagiannya, bahkan bertahun-tahun ia dirundung kesedihan.



اعلم ان السعادة في هذه الدنيا تأتي بإخراج الدنيا من قلبك (بديع الزمان النورسى)



“ketahuilah sesungguhnya kebahagiaan di dunia itu datang dengan mengeluarkan dunia dari hatimu” (Badiuzzaman Annursi)



oleh karena itu didalam Al-Quran kata thumaninah (ketenangan) dan salam (kedamaian) diulang sebanyak 31 kali, adapun kalimah sa'adah (kebahagiaan) hanya diulang dua kali saja, dan kita mendapatinya diterangkan dalam ayat tentang surga dan hari akhirat. kemudian dalam sholat didapati salam kepada Nabi sholallaahu’alaihi wasallam, kepa orang-orang muslim, kepada hamba-hamba Allah yang sholih, akhir sholat-pun diakhiri dengan salam, salam adalah kemuliaan islam oleh karena itu sebagai seorang muslim tujuan kita diantaranya adalah untuk mencapai kedamaian dalam diri, innerpeace.





السعيد ليس من وجد في ظروف معينة ولكن السعيد من لديه قناعات داخلية معينة ليتعامل مع ظروفه الخارجية ايا كانت

(بديع الزمان النورسى)



"orang yang bahagia bukanlah ditentuka oleh suatu keadaan tertntu, tetapi orang yg bahagia ada orang yang memiliki kepuasan dan ketengan tertentu dalam diri untuk bermuamalah dengan keadaan di luar dalam keadaan apapun” (Badiuzzaman Annursi)



Seorang yang mengaplikasikan ‘salam dakhili’ (kedamaian dalam diri) dengan sangat baik diantaranya adalah Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah ketika beliau mengatakan :

ما ذا يصنع اعدائي بي؟
إن جنتي وبستاني في صدري أينما رحت فهي معي

إن حبسي خلوة, وقتلي شهادة, وإخراجي من بلدي سياحة



Apa yang akan diperbuat musuhku terhadapku ?. Surgaku dan tamanku berada di dadaku. Jikalau saya berjalan, maka dia selalu bersamaku dan tidak pernah berpisah dariku. Sesungguhnya pemenjaraanku adalah khalwat (berduaan dengan Allah), pembunuhanku adalah syahid, dan pengusiranku adalah tamasya (di tanah Allah yang lua)“



semoga kita umat islam bisa mendapatkan ketenangan dan kedamaian itu...

aamiin



Sumber: saya terjemahkan dan intisarikan dari sebuah acara yang bernama (خواطر شاب) yang dibawakan oleh ustadz Ahmad Asyuqairi.

Damascus, 2012
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...