Saturday 9 August 2014

Makan Berjamaah Ala Santri

Makan bersama dan makan sendiri-sendiri terasa berbeda kenikmatannya, makan bersama/berjama'ah rasanya lebih nikmat dan insyaAllah lebih barokah daripada makan sendiri-sendiri. Bahkan makan berjamaah merupakan sunnah Rasulullah dan tentu akan berpahala jika dilaksanakan. Rasulullah shalallahu'alaihi wasallam bersabda :

"فَاجْتَمِعُوْا عَلَى طَعَامِكُمْ، فَاذْكُرُوْا اسْمَ اللهَ عَلَيْهِ! يُبَارَكْ لَكُمْ فِيْهِ." 



“Berkumpullah kalian ketika makan dan sebutlah Nama Allah Subhanahu wa Ta’ala padanya, maka makanan kalian akan diberkahi.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam Sunannya - IV/138. Kitaabul Ath’imah bab Fii Ijtimaa’ ‘alath Tha’aam, Ibnu Majah dalam Sunannya - II/1093. Kitaabul Ath’imah bab al-Ijtimaa’ ‘alath Tha’aam, Imam Ahmad dalam Musnadnya - III/501, Ibnu Hibban dalam Shahihnya - VII/317. Kitaabul Ath’imah, Dzikrul Amri ‘alal Ijtimaa’ ‘alath Tha’aam, Rajaa-al Barakah fil Ijtimaa’ ‘Alaih.)


Kemudian adab makan hendaklah makan dengan menggunakan tangan kanan dari dimulai dari sisinya dulu jangan langsung tengah, Dan termasuk diantara sunnah nabi 'alaihi shallatu wasallam apabila seorang makan, maka janganlah dia makan mengambil bagian tengahnya. Namun henaknya dia mengambil bagian pinggirnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Abbas radhiyallahu ta'ala anhuma bahwa nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:


الْبَرَكَةُ تَنْزِلُ وَسَطَ الطَّعَامِ فَكُلُوا مِنْ حَافَتَيْهِ وَلَا تَأْكُلُوا مِنْ وَسَطِهِ

“Berkah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulailah makan dari pinggirnya dan janganlah mulai makan dari tengahnya.” (HR Abu Dawud no. 3772, Ahmad, 2435, Ibnu Majah, 3277 dan Tirmidzi, 1805. Imam Tirmidzi mengatakan, “Hadits ini hasan shahih.”)

Demikian pula hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam tatkala beliau mengatakan kepada Umar bin Abu Salamah:


يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ

“Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022)

Sederhana tapi Ni'mat
makanan sederhana

ngarujak bareng

Makan Besar Santri
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...