Tuesday 30 October 2012

Memaafkan itu Menyehatkan

Memaafkan adalah salah satu sifat mulia yang harus dimiliki orang muslim :

" jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan ma'ruf..." (QS. Ala'rof :199)


" ... Dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." ( QS. Annur : 22)


" ... tetapi barang siapa bersabar dan memaafkan su

ngguh yang demikian itu termasuk perbuatan mulia" (QS. Assyuro : 43)

" ... menahan amarahnnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain." (QS. ali'Imroon : 134)

dan masih banyak lagi ayat yang bercerita tentang memaafkan, menurut penelitian terakhir, para ilmuan Amerika membuktikan bahwa mereka yang mampu memaafkan adalah lebih sehat baik jiwa maupun raga. Orang-orang yang diteliti menyatakan bahwa penderitaan mereka berkurang setelah memaafkan orang yang menyakiti mereka. Penelitian tersebut menunjukan bahwa orang belajar memaafkan dan bisa memaafkan merasa lebih baik, tidak hanya secara bathiniyah namun juga jasmaniyah. Sebagai contoh, telah dibuktikan bahwa berdasarkan penelitian, gejala-gejala pada kejiwaan dan tubuh seperti sakit pinggang akibat stress (tekanan jiwa), susah tidur dan sakit perut sangatlah berkurang pada orang-orang ini.

Kemarahan dapat meningkatkan peluang terjadinya serangan jantung. Ketika marah, detak jantung melebihi batas wajar dan menyebabkan naiknya tekanan darah pada pembuluh nadi, dan oleh karenanya memperbesar terkena serangan jantung.

Semua penelitian yang ada menunjukan bahwa kemarahan adalah sebuah keadaan pikirang yang sangat merusak kesehatan manusia. Memaafkan disisi lain meskipun terasa berat, namun terasa membahagiakan, satu bagian dari akhlak terpuji, mampu membantu menikmati hidup yang sehat baik lahir maupun bathin. Namun tujuan utama dari memaafkan haruslah untuk mendapatkan Ridha Allah. Kenyataan bahwa manfaatnya telah dibuktikan secara ilmiyah telah dinyatakan dalam Al-Quran, adalah salah satu sumber kearifan yang terkandung di dalamnya. Subhanallah

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...