Friday 17 August 2012

Galau Karena Jodoh

Salah satu hal yang seringkali membuat seorang pemuda atau pemudi galau terutama yang sudah cukup berumur adalah masalah jodoh yang sebenarnya itu adalah fitrah manusia, namun seringkali mereka tidak bisa membedakan mana keinginan fitrah dan mana hawa nafsu. Seharusnya dengan fitrah tersebut mereka tidak terlalu ambil pusing dan ambil hati jika saja ada yg diharapakan menjadi jodoh namun justru untuk orang lain bukan untuknya, ia yakin Allah itu Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Disamping keyakinan itu ia juga mempercantik ikhtiyar dan ibadah juga memperdekat hubungan dengan Tuhan dan memperbaiki hubungan dengan sesama.

Hamdan el-anwari, motivator muda...

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Thursday 16 August 2012

Cantik Sih, Tapi..

“Wah cantik bener tuh cewek kaya boneka ya” cletuk teman ane ketika melihat “banaat suuriyyah” gadis-gadis suriah yang sedang berjalan di trotoar yang sedang berpapasan dan berhadap-hadapan dengan kita ketika jalan menuju kampus, kalau kata orang jawa “ayu nemen iku wadon cak, rarae koyo golek yo” kata orang sunda ” meuni geulis pisan eta istri teh nepika jiga boneka” kalimat-kalimat semisal dan senada dengan kalimat diatas sering banget saya dengar dari teman-teman mahasiswa Indonesia di Damascus ini, dalam kasus ini menurut saya sangatlah wajar dan normal-normal saja selama dalam batas koridor yang tidak melanggar syariat yaitu melihat atau memandang tanpa nafsu syahwat dan menundukan pandangan ketika pandangan ke dua, namun bagaimanapun mata lelaki secara naluri suka dengan sesuatu yang “berkilau” dan “indah” untuk dipandang, makanya saya tidak aneh dengan teman yang berargumen kepada saya katanya “mubadzir bro, kalau sampe ga dilihat, hehehehe” sambil tersenyum “Hmmm kalau begitu berusahalah untuk menundukan pandangan jangan malu-maluin gitu, pandangan pertama sih wajar tapi yo jangan terus-terusan dipandang, kan ga etis !” kata ane. Mungkin bagaikan orang desa yang baru masuk kota, ketika melihat mobil mewah mereka pastinya takjub dan kagum karena di desa mereka biasanya hanya mengenal gerobak dan delman saja, mungkin seperti itu gambaran “sebagian” mahasiswa disini ketika melihat “banaat suuriyyah” yang cantik-cantik.

Emangnya seperti apa sih cantiknya ? Hmmm ada seorang bapak yang sudah berpengalaman mengelilingi negara-negara arab pernah berujar kepada saya ” jika ada 1O orang suriah maka yang cantik itu ada 20″ “loh kok bisa?” tanyaku penasaran. “Karena bayangannya juga cantik !” “aaah bisa aja bapak !” Sahutku. Namun intinya mereka memang benar-benar cantik dan anggun dengan wajah yang imut, hidung mancung, kulit putih, mata indah bahkan banyak yang berlensa warna biru atau coklat secara alami (tanpa soft lens), tubuhnya tegap dan tinggi, dan gambaran keindahan seteeerusnya….bahkan teman ane mengatakan bahwa wanita disini seperti wanita eropa saja terutamanya Francis, Damascus bahkan mendapat julukan parisnya arab karena keindahan dan eksotisnya yang hampir sama, dan saya baru tahu bahwa bahasa kedua setelah bahasa arab yang diajarkan di sekolah umum adalah bahasa prancis, kalau masalah fashion disini tidak kalah wah-nya dengan barat makanya tidak heran banyak toko salah satunya tempat yang saya kenal denga nama “syuuq hamroo” (suatu komplek pertokoan khusus yg dijual adalah busana perempuan) yang menjual pakaian dan busana dengan model pakaian yang beragam dan berwarna warni dan juga tak ketinggalan ada pula fashion ala barat dan paris sebagai kiblat fashion barat, mungkin ini salah satu strategi barat untuk menghancurkan umat islam dari segi fashion sehingga bayak wanita muslimah yang berpakaian dengan ketat dan model yang mencolok, jujur saya sangat prihatin dengan keadaan ini, namun saya kagum alhamdulillah masih banyak juga muslimah yang memakai pakaian yang layak dan menutup aurat secara sempurna di sini.

Kalau mau mencari wanita yang akan dijadikan pendamping alias dinikahi hanya menilai dan mencari kecantikan dzohir maka saya akan merekomendasikan wanita suriah sebagai calonnya, namun perlu diingat bahwa yang terpenting adalah agama. “fadzfar bidzaatiddiin taribat yadaak” carilah karena agama maka engkau akan selamat begitu pesan Nabi kita, wanita memang dicari dan dinikahi karena 4 perkara kecantikan, harta, keturunan dan agamanya, mancari wanita yang melingkupi dan memenuhi kriteria yang 4 ini dirasa sulit dan bahkan mustahil, maka cukuplah dengan yang punya “agama” alias sholihaah, taqwa kepada Allah dan taat kepada suami. Kecantikan itu sebuah perkara yang relatif dan kontemporer, relatif artinya penilaian orang bisa berbeda-beda, kontemporer artinya adalah sementara, ya begitulah kecantikan dzohir yang akan hilang dengan semakin bertambahnya umur, tanpa terasa nanti ketika umur menginjak kepala 3 ada sedikit kriput di wajah, dan walaupun memakai obat dan dioprasi semahal apapun tidak ada orang yang bisa melawan kekeriputan ini.

Selain itu mahar wanita suriah terhitung mahal dan sulit, teman sekelas ane orang suriah juga mengeluhkan hal ini kepadaku dan ia menanyakan bagaimana mahar wanita indonesia, ya saya jawab kalau mahar wanita indonesia ga semahal dan sesulit wanita suriah, kata dia bahwa mahar disini paling murah sekitar 100.000 lira suriyah, kalau dirupiahkan sekitar 20 juta, itulah yang menghalanginya belum nikah sampe sekarang katanya. Mereka cantik dan menyadari kecantikannya begitulah mereka, sehingga sulit bagi yang berpenampilan “pas-pasan” untuk mendapatkannya kecuali ia punya dompet yang tebal :).

Kecantikan lahiriah memang boleh menjadi kriteria untuk memilih pasangan, namun kecantikan itu tidak ada apa-apanya jika tidak disertai dengan kecantikan bathin alias kecantikan dari dalam dengan hati yang baik, akhlaq yang indah dan pikiran yang positif.

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Perbedaan Pendapat dalam Diskusi itu Biasa


BACA SELENGKAPNYA>>>>

Suriah Berdarah

menjadi saksi peristiwa bersejarah
apa yang terjadi di Suriah
telah banyak darah yang tertumpah
betapa dahsyatnya sebuah fitnah
siapa yang benar siapa yang salah
setiap pihak tak ada yang mau mengalah

mau anda apakan suriah
apa akan terus terjadi perang berdarah
perang saudara yang tidak kenal arah
siapa yang benar siapa yang salah
tertawalah para penjajah
apakah akan ada perubahan yang berkah
semoga sajah

semua adalah kehendak Allah
dibalik segala kehendak-Nya pasti ada hikmah

BACA SELENGKAPNYA>>>>

13 Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki


Ada sebuah hasil penelitian menarik yang saya ambil dari http://www.dakwatuna.com/2008/05/643/13-sifat-perempuan-yang-tidak-disukai-laki-laki/ bahwa ada beberapa sifat wanita yang tidak disukai oleh laki-laki, hasil penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan pelajaran bagi wanita khususnya agar tidak dibenci sama laki-laki, dan juga bagi laki-laki sebagai bahan referensi ketika memilih pasangan dan bagaimana bermu'asy
aroh bilma'ruf yaitu mempergaulinya dengan baik sebagaimana diperintahkan Allah.

--awal kutipan--

Salah satu Pusat Kajian di Eropa telah mengadakan survai seputar 20 sifat perempuan yang paling tidak disukai laki-laki. Survai ini diikuti oleh dua ribu (2000) peserta laki-laki dari beragam umur, beragam wawasan dan beragam tingkat pendidikan. Dari gambaran survai ini, diharapkan menjadi masukan dan pertimbangan sikap para istri dan juga sikap para suami. Sekaligus menjawab pertanyaan para istri selama ini, perihal sebab mengapa para suami mereka lari dari rumah.

Survai itu menguatkan bahwa ada 13 sifat atau tipe perempuan yang tidak disukai laki-laki:

1. perempuan yang kelaki-lakian, “mustarjalah”
Perempuan tipe ini menempati urutan pertama dari sifat yang paling tidak disukai laki-laki. Padahal banyak perempuan terpandang berkeyakinan bahwa laki-laki mencintai perempuan “yang memiliki sifat perkasa”. Namun survai itu justru sebaliknya, bahwa para peserta survai dari kalangan laki-laki menguatkan bahwa perempuan seperti ini telah hilang sifat kewanitannya secara fitrah. Mereka menilai bahwa perangai itu tidak asli milik perempuan. Seperti sifat penunjukan diri lebih kuat secara fisik, sebagaimana mereka menyaingi laki-laki dalam berbagai bidang kerja, terutama bidang yang semestinya hanya untuk laki-laki… Mereka bersuara lantang menuntut haknya dalam dunia kepemimpinan dan jabatan tinggi! Sebagian besar pemuda yang ikut serta dalam survai ini mengaku tidak suka berhubungan dengan tipe perempuan seperti ini.

2. perempuan yang tidak bisa menahan lisannya “Tsartsarah”
Tipe perempuan ini menempati urutan kedua dari sifat yang tidak disukai laki-laki, karena perempuan yang banyak omong dan tidak memberi kesempatan orang lain untuk berbicara, menyampaikan pendapatnya, umumnya lebih banyak memaksa dan egois. Karena itu kehidupan rumah tangga terancam tidak bisa bertahan lebih lama, bahkan berubah menjadi “neraka”.

3. perempuan materialistis “Maaddiyah”
Adalah tipe perempuan yang orientasi hidupnya hanya kebendaan dan materi. Segala sesuatu dinilai dengan harga dan uang. Tidak suka ada pengganti selain materi, meskipun ia lebih kaya dari suaminya.

4. perempuan pemalas “muhmalah”
Tipe perempuan ini menempati urutan keempat dari sifat perempuan yang tidak disukai laki-laki.

5. perempuan bodoh “ghobiyyah”
Yaitu tipe perempuan yang tidak memiliki pendapat, tidak punya ide dan hanya bersikap pasif.

6. perempuan pembohong “kadzibah”
Tipe perempuan yang tidak bisa dipercaya, suka berbohong, tidak berkata sebenarnya, baik menyangkut masalah serius, besar atau masalah sepele dan remah. Tipe perempuan ini sangat ditakuti laki-laki, karena tidak ada yang bisa dipercaya lagi dari segala sisinya, dan umumnya berkhianat terhadap suaminya.

7. perempuan yang mengaku serba hebat “mutabahiyah”
Tipe perempuan ini selalu menyangka dirinya paling pintar, ia lebih hebat dibandingkan dengan lainnya, dibandingkan suaminya, anaknya, di tempat kerjanya, dan kedudukan materi lainnya…

8. perempuan sok jagoan, tidak mau kalah dengan suaminya
Tipe perempuan yang selalu menunjukkan kekuatan fisiknya setiap saat.

9. perempuan yang iri dengan perempuan lainnya.
Adalah tipe perempuan yang selalu menjelekkan perempuan lain.

10. perempuan murahan “mubtadzilah”
Tipe perempuan pasaran yang mengumbar omongannya, perilakunya, menggadaikan kehormatan dan kepribadiannya di tengah-tengah masyarakat.

11. perempuan yang perasa “syadidah hasasiyyah”
Tipe perempuan seperti ini banyak menangis yang mengakibatkan laki-laki terpukul dan terpengaruh semenjak awal. Suami menjadi masyghul dengan sikap cengengnya.

12. perempuan pencemburu yang berlebihan “ghayyur gira zaidah”
Sehingga menyebabkan kehidupan suaminya terperangkap dalam perselisihan, persengketaan tak berkesudahan.

13. perempuan fanatis “mumillah”
Model perempuan yang tidak mau menerima perubahan, nasehat dan masukan meskipun itu benar dan ia membutuhkannya. Ia tidak mau menerima perubahan dari suaminya atau anak-anaknya, baik dalam urusan pribadi atau urusan rumah tangganya secara umum. Model seperti ini memiliki kemampuan untuk nerimo dengan satu kata, satu cara, setiap harinya selama tiga puluh tahun, tanpa ada rasa jenuh!

--akhir kutipan--

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Perlu Cukup Kesabaran

Diperlukan kesabaran yang cukup untuk menjalani kehidupan di dunia ini, karena dunia adalah tempat beramal bukan tempat menghisab / perhitungan amal, sebaliknya akhirat adalah tempat menghisab dan bukan tempat beramal, jika kesempatan beramal di dunia sudah habis maka tidak ada kesempatan beramal lagi di akhirat.

Bersusah-susah hidup di dunia hanyalah sebentar dan sementara dibanding dengan kesusahan di akhirat akibat kesalahan kita di dunia yang lebih lama dan lebih pedih.

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Damaskus Kota Paling Dermawan Di Dunia

Tahukah anda kota ter-DERMAWAN di dunia ? kota manakah itu mungkinkah itu kota Anda ataukah .....

oke deh kita langsung saja ke tkp :)

saya kutipkan dari republika.co.id

Dalam rangkaian waktu sejarah Islam, ada sebuah kota yang terkenal penuh penduduk dermawan di dalamnya. Kota itu adalah Damaskus, Suriah.

Catatan-catatan mengenai itu tertera pada banyak laporan sejarawan Timur Tengah. Misalnya Ibnu Battuta (1304-1368), begitu kagum saat menginjakkan kakinya di Damaskus. Lembaga-lembaga amal berderet tak terhitung.

Seperti dikutip dari buku "Menyusuri Kota Jejak Kekayaan Islam", saking banyaknya lembaga amal yang berdiri di kota itu, sampai-sampai Ibnu Battuta merasa sulit untuk menghitungnya. Hebatnya, orang-orang yang tak mampu menunaikan ibadah haji, akan dibiayai oleh lembaga amal yang ada. Masyarakat Damaskus berlomba-lomba mewakafkan tanahnya untuk sekolah, rumah sakit, dan masjid.

Seorang sejarawan lain, Bianquis mencatat warga Damaskus begitu terbuka bagi orang-orang asing yang datang. Pengungsi-pengungsi Andalusia dari Spanyol yang terusir ketika pasukan perang salib menguasai Spanyol di abad ke-12 mendapat sambutan hangat di Damaskus.

Seabad kemudian, Damaskus juga menjadi tempat berlabuh warga Irak dan Iran ketika bangsa Mongol meghancurkan tanah kelahiran mereka. Dan, di abad 16 lagi-lagi Damaskus menjadi tempat perlindungan pengungsi dari Spanyol baik muslim maupun yahudi yang mencari perlindungan.
___________
akhir kutipan

Sebagai orang yang sedang tinggal di Damaskus saya merasakan hal tersebut secara nyata dan langsung, kota yang sangat ramah, damai, dan penuh sejarah, menjadi tempat pengungsian orang Palestina dan Irak yang terusir akibat penjajah diterima dengan hangat oleh warga Damaskus, kejahatan sangat minim, di Indonesia mobil digarasi dan dikurung namun mobil di sini walaupun itu mobil mewah semisal BMW dan Honda sekalipun dibiarkan dipinggir jalan tanpa takut dicuri dan dipereteli.

selain itu kedermawanan warganya tidak diragukan lagi, dimulai dari Para Guru dan Syekh yang sangat perhatian kepada para muridnya yang tidak membiayai dan membebani muridnya sedikitpun alias gratis dan bahkan terkadang para Syaikh memberikan biaya kepada muridnya dengan senang hati, kemudian jika kita sering ikut pengajian di mesjid-mesjid semisal pengajiannya Syeikh Buthi atau Syeikh Wahbah Zuhaili maka terkadang ada pembagian "tauzi3" dari infak dan shadaqoh untuk para pencari ilmu, dan kalau lagi dapat rezeki ada saja orang yang tiba-tiba memberikan uang kepada kita ketika sedang duduk dzikir di masjid tanpa menanyakan siapa anda dan dari mana mungkin sudah tahu bahwa kita adalah para pencari ilmu

BACA SELENGKAPNYA>>>>

Siapalah Aku !

siapalah aku jika tanpa bimbingan dan petunjuk Allah....
siapalah aku jika tanpa rahmat dan kasih sayang Allah...
siapalah aku jika tanpa keridhoan Allah...
siapalah aku jika semua aib dan kekurangan dibuka oleh Allah...
siapalah aku kalau sampai sombong, padahal sombong adalah hak Allah...
siapalah aku yang setip hari membawa kotoran...
siapalah aku yang setiap saat butuh makan dan minum...
siapa

lah aku yang setiap saat membutuhkan peran orang lain...

siapalah aku, aku hanyalah makhluk yang dhoif, yang diciptakan dengan segala kekurangan disamping itu ada pula kelebihannya, dapat memilih jalan mana yang akan di tempuh apa mau ke kanan atau ke kiri... kita tidak bisa hidup sendiri dan hidup tanpa harapan...

(sebuah kontemplasi di siang yang panas)

BACA SELENGKAPNYA>>>>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...