Tuesday 24 April 2012

Apa Tujuanmu ?

sebuah pertanyaan yang singkat namun sangat padat dan memiliki kedalaman makna yang luar biasa dalamnya. Jika saja kita tak mempunyai tujuan yang jelas dan tak bisa mengungkapkan apa yang menjadi pencarian kita dalam hidup maka dapat dipastikan hidupnya akn terombang ambing, ibarat bahtera yang tidak tahu arah tujuan, ia terombang ambing di luasnya samudra, diterjang badai dan ombak, tak bisa melihat bitang yang menjadi kompas.



Bijaknya kita tanyakan pertanyaan itu pada diri kita masing-masing, karena pada dirii masing-masinglah terdapat jawabannya. Apakah selama ini kita sudah jelas menggambarkan track kehidupan kita seperti apa. Gagal merencanakan berarti merencanakan gagal begitu kata yang saya ingat dari Aa Gym. Ciri paling dominan yang kerap mewarnai kehidupan tanpa pencarian dan tujuan yang jelas ini setidaknya dapat digambarkan sebagai berikut:



Hidup tanpa makna
Hidup yang menjenuhkan
Kerja yang tak memberi kepuasan
Tak ada gairah hidup
galau dll.



jika Anda berada dalam situasi dan kondisi yang mencerminkan setidaknya salah satu dari kelima hal tersebut, maka Anda harus mengkaji ulang. Mempertanyakan kepada diri Anda sendiri, bahwa apa yang sebenarnya Anda cari dalam hidup ini?



Mufti Dimasq Syeikh Adnan Afyuni berpesan kepada kami pada sebuah kesempatan di kelas, bahwa seorang muslim hendaklah mempunyai tujuan dan jalan hidup yang terencana dan jelas, selain itu beliau juga menekankan harus tahu bagaimana bisa mencapai tujuan iyu, seperti seorang yang ingin menjadi seorang dokter spesialis, tentunya ia akan masuk fakultas kedokteran dan mengambil spesialisasi adn seteeeerusnya begitupun seorang yang ingin kaya maka ia akan berusaha mengumpulkan harta dengan bekerja dan berdagang misalnya, begitupun seorang dai atau seorang pendakwahpun harus tahu cara mencapai tujuannya itu.



jika anda mempunyai tujuan yg jelas anda dapat merasakan perasaan seperti ini:



1. Anda sangat bersemangat menyambut hari.

2. Hidup Anda terasa bermakna

3. Anda merasa memiliki amanah dan misi dalam hidup

4. Hari-hari Anda berisi penuh tantangan yang membangkitkan gairah.

5. Anda tenggelam dalam aktifitas Anda.


dalam kitab suci umat islam telah dijelaskan bahwa manusia diciptakan untuk mengabdi kepada Sang Pencipta,

Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk mengabdi kepada-Ku.
(Q. S. Adz-Dzariyaat (51) : 56)



Sangat simpel bukan? ayat ini mengandung kebenaran seratus persen, setiap orang yang beriman akan mengerti dan faham dengan menjalankan dan melaksanakn ayat ini sehingga ia akan mengatakan "AHA" ini yang aku tuju.

Baik, baik, kita kembali dulu pada pertanyaan sebelumnya (tanpa pedoman kitab suci). Kira-kira apa yang akan diucapkan orang ketika disodorkan pertanyaan: apa tujuan hidupmu?

Jika boleh aku menduga-duga tentunya jawaban yang akan terlontar tak akan jauh dari tiga hal ini, yaitu:

1. Ingin kaya
2. Ingin bahagia
3. Ingin sukses
Benar tidak? Lihat saja buku-buku yang terpajang di rak-rak toko buku itu. Terutama yang berjenis buku motivasi dan pengembangan diri. Rata-rata di dalam buku tersebut berisi panduan bagaimana untuk bisa menjadi kaya. Ada yang nyuruh jadi pengusaha, ada yang menyangkal jadi karyawan saja, dan sebagainya.

Sayangnya, apakah Anda tahu dan paham betul apa itu kaya, bahagia, dan sukses? Tolong sejenak Anda merenung dulu dan menanyakan kepada diri Anda sendiri. Setidaknya apakah Anda sekarang sudah kaya, bahagia, dan sukses? betapa banyak orang kaya materi namun ia tidak mendapatkan ketenangan, yang terasa hampa.sebenarnya dimanakah letak kebahagiaan itu?


by: Hamdan El-Anwari
Dari berbagai sumber.
Artikel Terkait

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...